Tuesday, September 26, 2017

FUNGSI BAGIAN-BAGIAN TAMBAHAN MICROSOFT WORD 2007

Pada Artikel sebelumnya saya sudah menyampaikan mengenai Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word 2007, nah pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk melengkapi artikel sebelumnya.

Mengatur Font (Bentuk Huruf)


Untuk melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya dengan menggunakan kotak dialog font, caranya :
1.    Tandai teks yang akan dirubah atau bisa dilakukan sebelum mengetik
2.    Pada tab home, klik perintah untuk menampilkan kotak dialog font pada grup Font atau tekan CTRL + D di keyboard
Keterangan :
·         Font, digunakan untuk memilih jenis huruf yang telah ditandai.
·         Font Style, digunakan untuk pengatur model huruf, apakah cetak tebal (bold), miring (italic), gabungan tebal dengan miring atau reguler (standar)
·         Size, digunakan untuk menentukan ukuran huruf yang telah ditandai
·         Font Color, digunakan untuk menentukan warna huruf yang ditandai
·         Underline Style, digunakan untuk menentukan jenis garis bawah. Untuk memilih jenis garis bawah, klik-lah tab ini lalu pilih dan klik jenis garis bawah yang diinginkan
·         Underline Color, digunakan untuk menentukan warna garis bawah yang ditandai
·         Effects, digunakan jika kita ingin memberikan efek khusus terhadap teks. Terdapat beberapa pilihan sebagai berikut :
o    Strikethrough, memberikan tulisan dengan diberi garis ditengah teks tersebut
o    Double Strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua
o    Superscript, akan memberikan efek, teks akan naik ½ tinggi huruf. Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan
o    Subscript, akan memberikan efek, teks akan turun ½ tinggi huruf
o    Shadow, digunakan untuk member ikan efek bayangan terhadap teks yang dipilih
o    Outline, efek dari option ini adalah teks yang dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya saja
o    Emboss, akan memberikan efek teks tampak seperti menonjol dari yang lain.
o    Engrave, kebalikan dari emboss, jenis ini memberikan efek seperti efek ukiran.
o    Small Caps, memberikan efek huruf dicetak secara kapital tapi ukurannya berbeda dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil.
o    “Efek Small Caps” diberi efek small caps menjadi “EFEK SMALL CAPS”
o    All Caps,akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar dan kecil akan dirubah menjadi huruf besar semua. Contoh tulisan “efek all caps” diberi efek all caps berubah menjadi “EFEK ALL CAPS”
o    Hidden, efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak tampak dilayar

Mengatur Paragraf (Spasi Antar Baris)
Untuk mengatur jarak spasi baris, ikuti langkah berikut :
1.    Pilih paragraf yang akan dirubah.
2.    Klik home, pada grup paragraph, klik Icon Line Spacing
3.    Pilih format paragraf yang diinginkan kemudian klik OK

Menentukan Perataan Paragraf
1.    Pilih paragraf yang akan dirubah
2.    Klik home, pada grup paragraph, klik perataan yang diingikan :
o    Align Text Left untuk membuat teks rata di kiri saja
o    Align Center untuk membuat teks rata di tengah
o    Align Text Right untuk membuat teks rata di kanan saja
o    Align Justify untuk membuat teks rata di kiri dan kanan

Mengatur Indentasi

Untuk mengatur indentasi pada paragraf, setelah paragraph dipilih lalu bisa dengan menggeser indent pada ruler atas. Lihat gambar di atas :
Keterangan :
·         Firt Line Indent berfungsi untuk menentukan garis pertama pada paragrap.
·         Hanging Indent berfungsi untuk membuat indentasi gantung, yang diindentasi adalah baris lain selain baris pertama.
·         Left Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kiri.
·         Right Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kanan.
·         Apabila ruler belum muncul pada lembar kerja kita, maka klik tab view lalu centang kotak Ruler pada grup Show/Hide.

Menyisipkan Simbol (Karakter Khusus)


Dalam mengetik naskah, terkadang kita harus membuat simbol atau karakter khusus seperti pada sebuah lembar kerja yang sedang dikerjakan. Namun tidak peru bingung ikuti langkah berikut:
1.    Letakan insertion point ditempat simbol yang akan disisipkan
2.    Pada Insert dan di grup Symbols, klik Symbol Klik jenis karakter yang diinginkan. Jika tidak ada dalam pilihan, maka klik More Symbol maka keluar kotak dialog Symbol berikut :
1.    Pada kotak pilihan Font klik pada nama simbol yang diingikan lalu klik jenis karakternya
2.    Kemudian klik tombol Insert

Membuat Bullet


Bullet adalah gambar-gambar kecil yang berfungsi untuk mempercantik tampilan dari suatu rincian atau urutan tertentu yang otomatis dilakukan oleh komputer. Langkah-langkah membuat Bullet :
1.    Pilihlah paragrap yang akan diberikan bullet
2.    Klik tab Home, pada grup Paragraph
3.    Klik tanda panah Bullets Klik gambar bullet yang diingikan. Namun apabila gambar tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Bullet, kemudian klik Symbol atau Picture.
4.    Maka keluar kotak dialog symbol atau kotak Picture bullet berikut :
1.    Klik salah satu symbol atau gambar yang dinginkan
2.    Kemudian klik OK

Membuat Numbering (Penomoran Otomatis)

1.    Pilihlah paragrap yang akan diberikan penomoran
2.    Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Numbering
3.    Klik jenis penomoran yang diingikan. Namun apabila penomoran tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Number Format, maka muncul kotak dialog berikut :
·         Pilihan number style, untuk menentukan jenis penomoran yang ingin digunakan.

Membuat Bingkai Pada Halaman


Untuk mempercantik dokumen, kita bisa menambahkan bingkai pada halaman dengan cara:
1.    Tandai teks yang akan diberi bingkai
2.    Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Background yang akan menampilkan kotak dialog border and shading berikut :
Lakukan Pengaturan pada :
·         Kotak pilihan style, adalah untuk memilih jenis garis yang ingin digunakan
·         Kotak pilihan Color, adalah untuk memilih warna bingkai yang diingikan
·         Kotak pilihan Width, adalah untuk memilih lebar bingkai yang diingikan
·         Kotak pilihan Art, adalah untuk memilih jenis bingkai lain apabila tidak ingin menggunakan garis
·         Pada kotak pilihan Apply to, tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragraph
·         Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box, Shadow, dll) lihatlah hasilnya pada preview.
·         Jika selesai klik OK

Mengatur Page Setup (Margin dan Jenis Kertas)


1.    Klik tab Page Layout
2.    Klik perintah di grup Page Setup, maka muncul kotak dialog Page Setup berikut :
1.    Pada tab margin, lakukan pengaturan terhadap margin dan orientasi
2.    Pada tab paper size, lakukan pengaturan pada ukuran kertas
3.    Klik OK jika selesai

Menggunakan Header dan Footer


Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu tampil pada setiap halaman. Sedangkan Footer (catatan kaki) kebalikan dari header. Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik.
1.    Klik Tab insert
2.    Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer maka akan tampil gambar seperti atas:
  1. Lalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon
  2. Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita
  3. Setelah selesai klik close header and footer

Menggunakan Footnote dan Endnote


Footnote/Endnote adalah catatan kaki yang digunakan untuk memberikan komentar sebuah kata yang ada pada dokumen. Biasanya ditandai dengan nomor. Hanya saja Footnote/Endnote ini tidak akan tampil di setiap halaman. Untuk Footnote, komentar akan tampil di bawah halaman tempat kata yang diberi komentar itu berada. Sedangkan pada Endnote, komentar akan tampil di akhir dokumen
Langkah-langkah untuk membuat footnote/endnote :
1.    Klik pada kata yang akan diberi catatan kaki
2.    Untuk footnote Klik tab References lalu klik perintah Insert Footnote pada grup footnotes
3.    Dan untuk endnote, masih di tab References klik perintah Insert Endnote Lalu ketikan komentar dari kata tersebut

Membuat Penomoran Halaman
1.    Klik tab insert lalu klik page number pada grup header & footer
2.    Lalu tentukan letak penomoran dengan menyorot salah satu pilihan pada drop down (missal Top of page) lalu klik salah satu lay out yang ditampilkan (misal plain number)
3.    Untuk memilih format lain pada page number, klik format page number masih di perintah page number maka keluar kotak dialog page number format
4.    Tentukan format yang diinginkan pada pilihan number format lalu dari nomor berapa dimulainya penomoran pada pilihan start at

Menyisipkan Word Art


Kita dapat menyisipkan variasi teks yang sangat indah dan warna-warna atau design yang menarik dengan cara:
1.    Klik tab insert lalu klik icon Word Art pada grup illustration
2.    Pilihlah jenis variasi yang diinginkan pada tampilan preview (lihat gambar)
3.    Lalu muncul kotak dialog Edit WordArt Text
4.    Ketikkan teks yang akan disisipkan
5.    Lalu klik OK

Catatan :
Setelah teks disisipkan, kita dapat melakukan pengaturan WordArt menggunakan WordArt Tools yaitu tab Format yang muncul ketika teks yang disisipkan tersorot.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat




1 comment: